Main content

Telecenter Asriloka - Pengelola

PENGELOLA

Pengelola Telecenter mempunyai tugas melakukan pemberdayaan masyarakat di berbagai bidang melalui peningkatan kemampuan memperoleh dan menyebarkan informasi berbasis teknologi informasi komunikasi

Susunan organisasi pengelola Telecenter terdiri dari :

  1. Manajer;
  2. Sekretaris;
  3. Bagian Pengembangan dan Pelayanan;
  4. Bagian Teknologi Informasi; dan
  5. Bagian Pengamanan.

Untuk tiga tahun pertama, pengangkatan dan pemberhentian personil Pengelola Telecenter ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi berdasarkan usulan dari Kabupaten/Kota.

Manajer mempunyai tugas dan fungsi :

  1. Mengkoordinasikan kegiatan operasional Telecenter bersama-sama pengelola yang lain.
  2. Menyusun program kerja bersama pengelola Telecenter lainnya dengan memperhatikan masukan dari unsur Pemerintah Daerah, Pemerintah Desa, Tokoh Masyarakat.
  3. Mempromosikan program kegiatan dan produk layanan Telecenter dengan menggunakan berbagai media yang tersedia.
  4. Menyelenggarakan kegiatan pemberdayaan dan pendampingan masyarakat yang bertujuan untuk mempromosikan Telecenter.
  5. Mencari peluang penggalangan dana dengan mengembangan bidang usaha dan kerjasama dengan pihak potensial.
  6. Mengembangkan mekanisme kegiatan yang terkait dengan operasional telecenter seperti keanggotaan, manajemen keuangan, perawatan dan pemeliharaan fasilitas dan lain sebaginya dengan melibatkan unsur Pemerintah Daerah, Pemerintah Desa, Tokoh Masyarakat.
  7. Melaksanakan tugas lain yang mendukung pengembangan Telecenter.

Sekretaris mempunyai tugas dan fungsi :

  1. Menyiapkan bahan koordinasi penyusunan dan perencanaan program.
  2. Melaksanakan penerimaan, pendistribusian dan pengiriman surat-surat, penggandaan dan kearsipan
  3. Melakukan penyusunan kebutuhan perlengkapan, pengadaan dan perawatan peralatan kantor.
  4. Melaksanakan pengadministrasian dan pembukuan keuangan.
  5. Melaksanakan monitoring, evaluasi serta penyusunan laporan.
  6. Melaksanakan tugas lain yang mendukung tata usaha Telecenter.

Bagian Pengembangan dan Pelayanan mempunyai tugas dan fungsi :

  1. Melakukan pemberdayaan dan pendampingan pengembangan di bidang kewirausahaan, kesehatan, pendidikan atau bidang lainnya.
  2. Melakukan dinamisasi kegiatan kelompok melalui diskusi, musyawarah dalam menganalisis informasi yang diperoleh untuk menentukan pilihan dan menerapkan hasil musyawarah.
  3. Memfasilitasi proses saling belajar/bertukar informasi pengetahuan dan ketrampilan.
  4. Melakukan kerjasama dalam hal pemasaran produk di lokasi Telecenter atau lokasi pameran.
  5. Melakukan tugas lain yang mendukung pemberdayaan Telecenter,

Bagian Teknologi Informasi mempunyai tugas dan fungsi :

  1. Melakukan pemeliharaan dan perawatan perangkat TIK secara periodik sehingga dapat dimanfaatkan dengan baik.
  2. Memberi layanan pemanfaatan komputer dan akses internet.
  3. Melayani pembuatan aplikasi web internet atau blog untuk promosi produk UKM atau kebutuhan penyebaran informasi
  4. Melayani jasa pemasangan jaringan internet, setting dan perawatan komputer
  5. Membuat laporan harian yang berisi tentang penggunaan fasiltas telecenter, pendapatan telecenter, keluhan pengguna, kerusakan perangkat TIK dan lain sebagainya
  6. Melaksanakan tugas lain yang mendukung pengembangan TIK Telecenter.

Bagian Pengamanan mempunyai tugas dan fungsi :

  1. Melakukan kegiatan pengamanan di lokasi Telecenter.
  2. Membuat laporan kegiatan pengamanan lokasi Telecenter.
  3. Melaksanakan tugas lain yang mendukung pengamanan Telecenter.

Untuk mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi, Pengelola Telecenter mendapat dukungan pelatihan dan bimbingan teknis di bidang teknologi informasi dan komunikasi oleh Pemerintah Provinsi.

Kegiatan pembinaan bagi Pengelola Telecenter dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten/Kota.